Apa Sih Bedanya Komputer PC dan Komputer Mac? - Apa Sih Bedanya...?
Jumat, 23 Januari 2015

Perbedaan antar komputer PC dan Komputer Mac secara umum terletak pada spesifikasi hardware dan softwarenya. Komputer PC dan Komputer Mac merupakan dua platform komputer desktop yang saling bersaing selama puluhan tahun. Komputer PC telah menjadi pilihan utama untuk konsumen karena developer aplikasi umumya lebih banyak membuat software untuk sistem operasi Windows yang dipakai dalam Komputer PC. Namum beberapa tahun terakhir hal tersebut mulai berubah. Kini, sebagian besar aplikasi Windows juga tersedia untuk sistem operasi Mac OS yang dipakai oleh platform komputer buatan Apple tersebut.

Dengan semakin tipisnya perbedaan Windows dan Mac OS, beberapa konsumen mungkin semakin bingung memilih di antara dua jenis platform komputer ini. Berikut ini beberapa perbedaan terpenting antara Komputer PC dan PC Mac yang bisa dicermati sebelum memilih Komputer PC ata PC Mac.

Komputer PC

Tampilan PC bergantung pada vendor komputer yang membuatnya dan sistem operasi yang dipakai. Sehingga penampilan antar merek bisa berbeda-beda. Biarpun begitu, ada pula PC yang sedap dipandang, seperti misalnya Ultrabook terbaru buatan Dell. Meski kesenjangan jumlah aplikasi telah mulai menipis, Windows tetap memiliki lebih banyak software dibandingkan Mac. Salah satu jenis aplikasi yang paling menunjukkan hal ini adalah game, di mana kebanyakan dibuat untuk platform Windows. PC Windows seringkali menjadi korban hacking dan mutlak membutuhkan anti-virus.

Bukan hanya itu saja, komputer PC sebagai basis hardware Windows pun lebih terbuka dan gampang dimodifikasi. Misalnya, pengguna bisa dengan mudah meng-upgrade kartu grafis atau menambah kapasitas RAM agar game berjalan lebih lancar. Bahkan beberapa program pun berjalan lebih baik di Windows. Contohnya seperti Microsoft Office for Windows yang memiliki fitur dan fungsionalitas lebih banyak dibandingkan versi Mac. Dengan banyaknya produsen perangkat keras PC, pengguna Windows pun memiliki banyak pilihan komponen yang bisa dipilih dalam merakit ataupun meng-upgrade PC.

Pengguna PC yang beralih ke Mac untuk pertama kalinya mungkin dibuat bingung dengan user interface Mac OS yang berbeda dengan Windows. Akan tetapi, setelah menggunakannya untuk beberapa lama, akan terasa bahwa cara kerja Mac OS mirip dengan WIndows. Tombol "Start" Windows, misalnya, sedikit banyak bisa diwakili oleh icon "Finder" pada Mac OS yang akan menampilkan semua program, dokumen, dan file lainnya yang ada di komputer Mac.
gambar apa bedanya perbedaan komputer pc dan mac
Gambar Komputer PC dengan "CPU" model Tower

Komputer Mac

Hal yang satu ini tak bisa dipungkiri: produk-produk Mac memang indah di mata. Apple memang sangat mempedulikan tampilan dari komputer Mac, baik seri iMac, Power Mac, maupun laptop MacBook. Hal yang satu ini tak bisa dipungkiri: produk-produk Mac memang indah di mata. Apple memang sangat mempedulikan tampilan dari komputer Mac, baik seri iMac, Power Mac, maupun laptop MacBook. Komponen Mac hanya dibuat oleh Apple sehingga membatasi pilihan pengguna platform ini.

Di puncak hirarki produk laptop Apple bertengger MacBook Pro with Retina Display yang super mahal. Harganya dipatok mulai 2200 dollar AS atau sekitar Rp 21 juta. Akan tetapi, untuk memperoleh Mac dengan spesifikasi yang bisa diandalkan untuk main game, pengguna harus merogoh kocek sangat dalam.

Mac OS memiliki kelebihan dalam hal bundel software, di mana sistem operasi ini datang dengan berbagai macam aplikasi berguna seperti iPhoto, Mail, Garage Band, iMovie, dan banyak lagi. Dibanding PC, hanya sedikit pengguna yang memakai komputer Mac. Karena itu Mac masih relatif lebih aman dibanding Windows yang banyak dipakai orang. Meski begitu, perlu dicatat bahwa komputer Mac pun tak kebal terhadap ancaman cyber, seperti yang dibuktikan oleh beberapa malware Mac yang muncul belakangan ini, misalnya "LuckyCat". Apple pun telah mencabut slogan "bebas virus" untuk komputer Mac.

Komputer Mac bisa menjalankan sistem operasi Windows baik melalui virtual machine ataupun secara langsung dari dalam sistem. Setiap Mac memiliki program Boot Camp yang memungkinkan pengguna memasang Windows pada komputer Mac. Jika diinginkan, pengguna bahkan bisa membagi ruang hard disk yang diperuntukkan bagi Windows dan Mac OS X apabila kedua sistem operasi tersebut terpasang di komputer.
gambar apa bedanya perbedaan komputer pc dan mac dalam monitor
Gambar komputer Mac dengan "CPU" include di dalam monitor

Kesimpulan

Komputer PC adalah istilah umum untuk komputer desktop dengan berbagai merk dan berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan lainnya. Sedangkan Komputer Mac merupakan komputer desktop yang dibuat oleh Apple dengan sistem operasi Macintosh. Umumnya komputer PC memiliki CPU yang terpisah dennga layar monitornya, sedangkan komputer Mac CPU-nya adalah dalam layar monitornya. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi spesifikasi, harga, fleksibilitas, performa, dan tampilan.


4 komentar:

  1. meminjamkan iMac Macbook ke pekerja asing yg tinggal di Jakarta meminjamkan iMac Macbook ke pekerja asing yg tinggal di Jakarta

    BalasHapus
  2. Jasa sewa rental Macbook iMac dan Macbook untuk business dan expat di Jakarta http://zapplerepair.com/jasa-sewa-rental-Macbook-iMac-untuk-business-expat-di-Jakarta.html

    BalasHapus

 
Toggle Footer