Apa Sih Bedanya Notebook dan Macbook? - Apa Sih Bedanya...?
Jumat, 23 Januari 2015

Perbedaan notebook dan macbook tidak serumit yang kita bayangkan. Kami akan sedikit mengulas tentang apa yang membedakan notebook dan macbook.
gambar apa bedanya perbedaan antara laptop notebook dan macbook
Gambar Apple Macbook

Notebook


Istilah notebook sudah muncul sejak tahun 1990-an. Notebook merupakan istilah yang disematkan pada komputer jinjing atau komputer portable yang mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, di masyarakat komputer portable juga disebut dengan istilah laptop. Dengan demikian antara laptop dan notebook sejatinya memiliki makna yang sama. Beberapa tahun terakhir, muncul istilah baru yang berkaitan dengan komputer portable, yaitu istilah netbook. Netbook merupakan laptop atau notebook dengan karakteristik dan ukuran tertentu. Anda bisa mencari perbedaan laptop, notebook, dan netbook pada bagian lain di website ini.

Sehingga, hampir semua merk notebook atau laptop disebut dengan notebook. Notebook hanya istilah, bukan merk. Merk notebook ada dell, acer, compaq, apple, dll. Notebook merupakan istilah umum untuk menyebut komputer jinjing dari berbagai merk. Setiap notebook bisa diinstall dengan sistem operasi yang bermacam-macam, seperti Windows, Linux, Unix, dan lain-lain. Sehingga antara hardware dan software tidak diproduksi oleh satu perusahaan.
gambar notebook toshiba acer dell Apple perbedaan notebook
Gambar Notebook merk Acer,  Dell, Toshiba, hingga Apple


Macbook


Macbook merupakan notebook yang diproduksi oleh Apple, Inc. Hardware dan software macbook diproduksi oleh satu perusahaan yaitu Apple. Apple adalah satu-satunya perusahaan yang memproduksi macbook. "Mac" sendiri adalah kependekan dari sistem operasi Macintosh yang ditanamkan pada notebook atau PC yang dibuat oleh Apple. Artinya, semua komponen yang ada pada sebuah produk Apple menjadi hak milik Apple. Ini berarti Anda tidak bisa mengganti-ganti komponen tersebut dengan komponen lain.

Hal seperti ini tentu saja sangat berbeda jika dibandingakan dengan sebuah notebook lainnya. Seperti yang Anda tahu, notebook lainnya (seperti Acer, Dell, Thinkpad, dll) memungkinkan Anda untuk mengganti setiap hardware yang ada selama itu kompatibel, sehingga menciptakan sebuah notebook baru dengan specs baru. Apple tidak memperkenankan hal itu demi menjaga kualitas produk mereka. Selain itu, kontrol hardware ini juga akan membuat produk-produk Apple lebih handal dan awet dibanding sebuah produk yang menjalankan OS Windows yang kerap mengalami masalah karena hardware yang ada dibuat oleh para produsen yang berbeda-beda.
Gambar macbook air perbedaan dengan notebook
Gambar Macbook Air


Kesimpulan


Notebook adalah istilah umum untuk semua merk komputer jinjing atau laptop. Sedangkan Macbook adalah notebook dengan software dan hardware khusus yang dibuat oleh Apple. Macbook memiliki performa yang lebih baik daripada laptop atau notebook biasa karena antara software dan hardware pada macbook sudah pasti kompatibel. Disamping itu, kualitas hardware dan software pada macbook sudah dijamin oleh Apple.


4 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer