Apa Sih Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook? - Apa Sih Bedanya...?
Selasa, 12 Maret 2013

Berikut ini adalah perbedaan antara laptop / leptop, netbook, dan notebook. Semoga informasi bermanfaat untuk kita semua.

Laptop 

Laptop yang merupakan gabungan dari dua kata, yaitu Lap yang berarti pangkuan dan Top yang berarti atas, yang artinya perangkat yang diletakkan di atas pangkuan. Laptop adalah varian dari Portable PC untuk menyebut komputer yang dapat dibawa-bawa.

Laptop merupakan komputer portabel, kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan sangat mudah, yang terintegrasi pada sebuah casing. Berat laptop bervariasi mulai dari 1 hingga 6 kilogram tergantung dari ukurannya, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri.

Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam bergantung pada cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Komponen yang terdapat didalamnya adalah sama dengan yang terdapat pada komputer desktop dengan ukuran yang diperkecil, lebih ringan dan irit listrik. Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci bergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard yang terdapat pada laptop juga dilengkapi dengan touchpad atau dikenal juga sebagai trackpad yang berfungsi sebagai penggerak kursor mouse. Keyboard dan mouse tambahan dapat dipasang melalui soket USB.


Notebook 

Notebook merupakan istilah lain dari laptop. Pada perkembangannya, istilah laptop sepertinya lebih popular disebut dengan istilah notebook. Sedangkan notebook sendiri merupakan perangkat yang digunakan di atas meja. Perbedaan istilah notebook dan laptop sendiri lebih diakibatkan pergeseran makna pada penempatan posisi pemakaian perangkat tersebut, namun sebenarnya memiliki arti dan fungsi yang sama.


Netbook 

Istilah atau nama netbook sebenarnya merupakan penggabungan dari dua kata dasar: internet dan notebook. Secara teknis, Netbook adalah istilah baru untuk laptop yang berukuran kecil dengan penekanan fungsi pada aplikasi internet dan wireless communication. Makanya, setiap netbook dipastikan wajib memiliki fasilitas wi-fi.

Asal mula netbook dapat ditelusuri dari produk jajaran netbook milik Psion—perusahaan pembuat perangkat keras yang berasal dari London yang saat ini sudah tidak lagi dilanjutkan, Proyek satu laptop untuk tiap anak (OLPC), dan Palm Foleo. Ketiganya merupakan perangkat komputer yang berukuran kecil, ringan, dan mampu digunakan untuk mengakses jaringan.

Netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet. Dengan rancangan utama untuk digunakan sebagai perangkat dalam merambah web, dan menulis surat elektronik, netbook sangat bergantung pada keberadaan internet untuk akses jarak jauh terhadap aplikasi berbasis web untuk pengguna yang tidak membutuhkan keberadaan komputer berspesifikasi tinggi.



1 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer