Apa Sih Perbedaan Gelas dan Cangkir? - Apa Sih Bedanya...?
Selasa, 12 Maret 2013

Gelas 

Gelas merupakan alat yang menunjang kebutuhan pangan manusia yang digunakan sebagai tempat minum. Pada umumnya gelas terbuat dari kaca, tapi ada juga gelas yang terbuat dari plastik, kayu dan tanah liat. Gelas yang terbuat dari kaca biasanya bening, tapi ada juga gelas yang berwarna, dicetak print, dan diberi hiasan. Jika dibandingkan dengan cangkir yang memiliki pegangan, gelas biasanya lebih tinggi, tanpa pegangan, dan bisa menampung lebih banyak air.

Gelas dibuat dengan Pasir, Soda : NaO2 dalam soda abu, Feldspar : untuk menurunkan titik leleh gelas, Borak : menurunkan koefisien expansi dan meningkatkan ketahanan terhadap bahan kimia, Cullet : Berupa pecahan gelas hasil produk gagal untuk mencegah gelembung udara, Refining agent : menghilangkan gelembung gas pada saat pelelehan bahan baku, Penghilang warna yang digunakan mangan dioksida,  logam selenium,  nikel oksida, dan Pewarna : digunakan untuk membuat gelas khusus sesuai dengan warna yang dikehendaki.


Cangkir 

Cangkir adalah wadah kecil untuk minum teh atau kopi dengan pegangan di salah satu sisi yang digunakan sewaktu memegang dengan ibu jari dan jari tangan yang lain. Cangkir kadangkala berisi teh atau kopi yang panas sehingga pegangan pada cangkir berguna agar tangan tidak kepanasan sewaktu mengangkat cangkir. Cangkir biasanya dibuat dari porselen dan mempunyai pasangan berupa piring kecil yang juga dikenal dengan nama tatakan (saucer). Cangkir dan tatakannya biasanya merupakan bagian dari perangkat minum teh (tea set) yang terdiri dari teko, cream jug, mangkuk gula bertutup, dan slop bowl.

Di Indonesia, cangkir masih sering digunakan sebagai satuan ukuran pada resep kue, 1 cangkir kira-kira sama dengan 150 cc dan tidak sama dengan 1 cup. Cangkir pertama yang dikenal Eropa berasal dari pusat produksi keramik Imari di Jepang. Cangkir diimpor oleh orang Eropa khusus untuk minum teh yang merupakan minuman baru pada masa itu. "Cangkir" teh (mangkuk teh) yang digunakan di Asia Timur tidak mempunyai pegangan. Cangkir pertama yang dibuat orang Eropa di Meissen juga tidak mempunyai pegangan karena sekadar meniru "cangkir" teh dari Asia.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer