Apa Sih Perbedaan Bandwidth, Bitrate, dan Baudrate? - Apa Sih Bedanya...?
Selasa, 12 Maret 2013

Bandwidth

Bandwidth / Lebar pita (bahasa Inggris: bandwidth) dalam teknologi komunikasi adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu. Sebagai contoh, line telepon memiliki bandwidth 3000Hz (Hertz), yang merupakan rentang antara frekuensi tertinggi (3300Hz) dan frekuensi terendah (300Hz) yang dapat dilewati oleh line telepon ini.

Bandwidth dalam ilmu komputer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih tepat ditulis bitrate daripada bits per second.


Bitrate

Bitrate merupakan satuan data yang dibaca oleh program dalam satu kali waktu. Semakin besar, seharusnya kualitas output yang dihasilkan semakin baik. Jika pada citra terdapat pixel maka audio menggunakan bitrate, bitrate merupakan jumlah bit yang dikirim dalam satuan detik, contohnya 192 kbps, berarti dalam satu detik file audio tersebut membaca informasi sebesar 192kb atau 24 kB.


Baudrate

Baud rate adalah jumlah kali per detik sinyaldalam perubahan data komunikasi analog.Misalnya, seribu baud rate berarti bahwa iadapat mengubah seribu kali per detik. Baudrate juga mengacu pada status koneksi,misalnya, tegangan, frekuensi atau fasetingkat. Dalam hal sangat sederhana, baud rate adalahkecepatan data yang dikirim. Baud rate dihubungkan dengan modem, televisi digital,telepon dan perangkat teknis lainnya. Baudrate yang lebih tinggi lebih disukai karenamengirim transmisi lebih cepat.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer