Apa Sih Bedanya Variabel dan Kontanta? - Apa Sih Bedanya...?
Rabu, 31 Juli 2013

Variabel

Secara bahasa, variabel berasal dari kata variable yang berarti bervariasi. Bervariasi dalam hal ini adalah nilai yang bisa berubah-ubah sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam matematika, misalnya variabel A, A dapat mewakili / diisi dengan nilai bilangan bulat, prima, dll. Wujud variabel nantinya akan tetap, tapi nilainya akan berubah-ubah.

Misal luas persegi panjang dihitung dengan rumus PxL dimana P adalah Panjang dan L adalah Lebar. P dan L adalah variabel, dengan demikian P dan L nilainya bisa berubah ubah. Pada bahasa pemrograman komputer, variabel juga digunakan untuk mempermudah dalam pembuatan program.


Konstanta

Konstanta adalah nilai yang tetap dan tidak berubah seperti halnya variabel. Misal pada rumus Keliling lingkaran, Phi x D atau 2 x Phi x r. Dimana Phi adalah 3.14 atau 22/7, D adalah diameter lingkaran, dan r adalah jari-jari lingkaran. Phi adalah konstanya, nilainya tidak akan berubah. Sedangkan D dan r adalah variabel, nilainya bisa berubah-ubah.


Kesimpulan

Jadi, perbedaan variabel dan konstanta terletak pada deklarasi, penggunaan, dan cara penyimpanannya. Variabel adalah suatu tempat untuk menampung data yang nilainya selalu berubah. Sedangkan, Konstanta adalah suatu tempat untuk menampung data yang nilainya selalu tetap dan tidak pernah berubah.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer