Apa Sih Bedanya Ipad dan Tablet? - Apa Sih Bedanya...?
Sabtu, 13 Juli 2013

15 komentar
Antara Ipad dan tablet hampir memiliki bentuk yang mirip. Bagi kebanyakan orang awam yang belum pernah memegang ketiga gadget tersebut pastilah bingung membedakannya

Walaupun bentuknya hampir mirip, tetapi ada beberapa hal yang menjadi perbedaan antara tablet (tablet pc), ipad dan iphone. Perbedaan yang sangat mencolok terdapat pada fungsi, merk serta produsen yang mengeluarkan produk tersebut.



Tablet

Apa bedanya perbedaan ipad dan tablet
Tablet
Tablet atau biasa juga disebut Tablet PC adalah sebuah komputer yang dibuat / dirancang mini yang portable, didesain supaya lebih praktis dalam penggunaanya. Fitur pada tablet PC hampir sama dengan PC / komputer biasa.

Yang menjadi perbedaan sangat mencolok antara PC / Komputer biasa adalah pada Tablet PC memiliki layar sentuh dan tidak terdapat keybord. Sebenarnya Tablet PC tidak didesain untuk Telpon atau SMS. Karena sesuai namanya, tablet PC hanyalah wujud mini dari sebuah PC atau komputer. Tetapi ada beberapa tablet PC merk tertentu yang bisa digunakan untuk telpon atau SMS.

Bagi para pemilik Tablet PC merk tertentu yang tidak bisa Telpon bisa diakali dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Misalnya dengan menginstal “skype”, jadi kita bisa nelpon dari tablet PC biasa. Misalkan tablet yang akan di bahas adalah Samsung Galaxy Tab. PC Tablet terutama produk dari Samsung Galaxy memiliki beberapa keunggulan dari iPad dalam hal ketersediaan aplikasi dan game serta mampu menjalankan aplikasi berformat Adobe Flash.

Hal itu membuat Tablet ini menjadi lebih disuka karena lebih memudahkan penggunanya dalam pekerjaan dan hiburan.

Galaxy Tab memiliki akses download aplikasi melalui Android Market dan Ipad memliki Apple App Store.

Apple App Store memiliki lebih banyak applikasi dibandingkan Android Market. Apple sebagai pengembang iPad mempunyai akses penuh terhadap App Store sehingga semua aplikasi yang tersedia telah melalui proses verifikasi Apple dan membuatnya relatif aman bagi iPad.

Sedangkan Android Market memungkinkan setiap orang mengupload applikasi maupun game tanpa proses verifikasi seperti App Store, karena itu lebih rentan terhadap bahaya virus maupun malware.

Kelebihan Tablet (iPad, Galaxy Tab, Acer Iconia, dll):
1. Simpel dan Ringan untuk dibawa kemana-mana
2. Fitur Multimedianya lengkap
3. Beberapa Tablet keluaran terbaru memiliki fitur Telepon dan SMS
4. Mempunyai Fitur E-Reading untuk membaca Buku dalam versi Elektronik (e-book)

Kelemahan:
1. Tidak memiliki Port untuk dapat disambungkan ke Proyektor
2. Harganya mahal
3. Peformanya masih kalah dengan Notebook
4. Fitur Office kurang bagus
5. Kurang bagus untuk mengetik panjang
6. Ukuran memori kecil


Ipad

Apa bedanya perbedaan ipad dan tablet
iPad
iPad adalah sebuah merk tablet PC. Ipad diproduksi oleh perusahaan Apple inc. Ipad menggunakan sistem operasi iOS. Salah satu tablet PC yang mirip Ipad adalah Samsung Galaxy Tab tetapi menggunakan sistem Operasi Android.

iPad juga merupakan sebuah komputer (pc) mini seukuran buku tulis yg full touch screen (layar sentuh) iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan yang lebih baik dari kedua produk di atas seperti pada sistem operasi Mac OS dan X.

Ukuran iPad 9.7″ dengan resolusi 1024 x 768 pixel dan didukung oleh sistem operasi Apple IOS. Karena ukurannya yang lebih besar tentunya lebih nyaman dalam melihat gambar atau aplikasi di dalamnya di banding dengan pendahulunya selain itu juga memiliki banyak fitur dan aplikasi yang lebih baik dari ipod.

iPad belum memiliki fitur multitasking, jadi kalau ingin menjalankan suatu aplikasi harus menutup dulu aplikasi yang sedang berjalan. iPad sudah menggunakan sim card tetapi hanya dapat di gunakan untuk menyambungkan ke koneksi internet saja dan tidak mendukung file flash sama seperti iPhone 3G.

Jadi, iPad itu adalah bikinan Apple, sedangkan Tab/PC Tablet bikinan Samsung Galaxy Tab, Smartfrend Tab, dll, dsb. Kedua produk tersebut memiliki fungsi yang relatif sama.

Artikel lain yang sejenis :
  1. Apa Sih Bedanya Ipad, Iphone, dan Ipod?
  2. Apa Sih Bedanya Fitur iPod,iPod Touch, dan iPhone?


15 komentar:

 
Toggle Footer