Apa Sih Perbedaan Windows dan Linux - Apa Sih Bedanya...?
Minggu, 02 Juni 2013

Windows

Windows merupakan sistem operasi berbayar. Di Indonesia, sampai saat ini (2013) masyarakat umumnya menggunakan sistem operasi ini baik untuk pengguna rumahan hingga pemerintahan. Interface / tampilannya user friendly dan mudah digunakan. Mudah dalam hal ini karena dari tingkat dasar siswa belajar komputer menggunakan Windows sehingga terbasa dengan sistem operasi tersebut.

Sistem operasi windows mempunyai beberapa versi dari MS-DOS, Windows 1.0, Windows 2.x, Windows 3.0, Windows 3.1, Windows NT, Windows 95, Windows NT 4.0, Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, hingga sat ini (2013) Windows 8.


Linux

Linux juga merupakan sistem operasi selain Windows, Macintos, FreeBSD, Unix, dll. Dibandingkan windows, Linux merupakan sistem operasi yang relatif sulit. Realtif sulit di sini karena pengguna Linux di (khususnya) Indonesia baru bergeliat. Hal ini disebabkan karena tampilan Linux sudah menyamai windows.

Varian Linux banyak sekali karena Linux merupakan sistem operasi open source, artinya siapa saja bisa mengembangkan linux menurut versinya sendiri dan bebas menjual dan menyebarkannya. Berbeda dengan Windows, Windows merupakan sistem operasi berlisensi dan untuk menggunakannya kita diwajibkan untuk membeli walau dalam banyak kasus orang lebih suka membajaknya, minta dari rekan, atau mendownloadnya dari internet. Sederhananya, penggunaan Windows tanpa lisensi (beli) adalah ilegal.

Untuk Linux banyak varian dan versi (atau umumnya disebut dengan istilah Distro) yang dibuat oleh pengembang. Sebut saja RedHat, Fedora, Debiat, Slax, dan distro-distro turunannya seperti Sabily, BlankOn (distro buatan anak negeri), Ubuntu, dan ratusan sistem operasi yang berbasiskan linux. Karena terlalu banyak pilihan, pengguna pemula kadang bingung harus memilih yang mana. Dengan alasan itu, Linux merupakan sistem operasi yang bebas dimodifikasi dan dipelajari. Sangat bagus untuk pelajar dan mahasiswa yang ingin belajas tentang cara kerja komputer dan sistem operasi.


1 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer