Apa Sih Perbedaan Mouse, Mousepad, dan Touchpad - Apa Sih Bedanya...?
Minggu, 02 Juni 2013

Mouse

Mouse berasal dari bahasa inggris yang artinya adalah "tikus". Dalam dunia komputer, mouse merupakan alat sebesar genggaman tangan menyerupai bentuk sabun. Karena alat tersebut dihubungkan dengan komputer menggunakan kabel, maka bentuknya mirip dengan tikus. Namun, kini (2013) banyak alat ini yang sudah tidak mempunyui buntut lagi karena koneksi kabel sudah digantikan dengan bluetooth (nirkabel).

Mouse pada komputer berfungsi untuk mengarahkan pointer pada komputer. Pointer adalah anak panah yang bisa digunakan untuk menunjuk dan menentukan tombol yang akan diklik atau untuk  menyorot tulisan pada layar komputer.

Pada awal-awal pembuatannya, mouse menggukanan bola kecil seperi bola bakso / kelereng ukuran besar sebagai sensor untuk menggerakkan kursor / pointer. Kini mouse sudah tidak menggunakan bola lagi, sensor untuk gerakan kursor sudah digantikan dengan sensor cahaya.


Mousepad

Mousepad adalah alas yang digunakan ketika mengerakkan mouse komputer. Mousepad berfungsi untuk mempermudah gerakan sensor berupa bola kecil d bawah mouse / sensor cahaya yang berguna untuk menggerakkan kusrsor / pointer di layar komputer. Mouspad biasanya terbuat dari spon tipis jenis tertentu dengan permukaan yang tidak mengkilat sehingga gerakan bola menjadi halus atau cahaya tidak kacau yang berpengaruh pada gerakan kursor.


Touchpad

Touchpad merupakan teknologi pengganti mouse komputer. Toucpad biasanya terdapat pada laptop, notebook, dan semacamnya. Touchpad merupakan area pada laptop, biasanya berbentuk luasan persegi didepan tombol spasi. Touchpab berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer, berfungsi untuk scroll halaman, atau mengatur zoom in/out tampilan komputer. Selain untuk menggerakkan kursor, touchpad juga bisa digunakan untuk mengklik layaknya mouse biasa.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer