Apa Sih Bedanya Pin LCD-RS, LCD-R/W, dan LCD-E pada LCD? - Apa Sih Bedanya...?
Minggu, 30 Maret 2014

Bagi yang hobi atau sedang bermain dengan LCD pada mikrokontroler, tentu akan mengenal ketiga pin ini. Pin RS (LCD-RS), R/W (LCD-R/W), dan E (LCD-E).


Pin RS (Register Select)
RS adalah pin yang berfungsi sebagai selektor register (register sellect) dengan memberikan logika low (0) sebagai register perintah dan logika high (1) sebagai register data. Seperti yang telah kita kenal jika dalam kode program selalu ada yang namanya lcd_putcmd (command) dan ada lcd_putchar (character berupa data), kata "put" dalam kode tersebut adalah untuk mengirimkan data.



Pin R/W (Read / Write)
R/W adalah pin yang berfungsi untuk menentukan mode baca atau mode tulis dari data yang terdapat pada DB0 – DB7. Yaitu dengan memberikan logika low (0) untuk fungsi write (menulis data) dan logika high (1) untuk mode read (membaca data). Biasanya perintah ini akan disinkronkan dengan perintah dari RS dalam sebuah fungsi. Perintah write dan read akan di bahas pada tulisan selanjutnya.


Pin E (Enable)

Enable (E), berfungsi sebagai Enable Clock LCD, dengan logika 1 setiap kali pengiriman atau pembacaan data. Jika menggunakan 8 bit (semua pin dipakai/ disambungkan pada mikrokontroler) maka hanya membutuhkan 1 siklus enable, tetapi jika menggunakan 4 bit (hanya DB4-DB7 yang disambungkan) maka membutuhkan 2 suklis enable.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer