Apa Sih Perbedaan Internet dan Intranet? - Apa Sih Bedanya...?
Senin, 24 Juni 2013

Internet

Internet kepanjanga dari Inter-Network, artinya gabungan berbagai jaringan. Jaringan yang dimaksud di sini adalah jaringan komputer dalam skala dunia. Ketika kita terhubung ke jaringan skala dunia (internet), maka kita bisa mengakses berbagai resource / fasilitas yang ada di berbagai negeri. Seperti mesin pencari, layan upload download video dan audio, radio online, shared file, dll, yang semuanya bisa diakses dari mana saja di dunia.

Untuk terhubung ke jaringan internet kita bisa menggunakan layanan operator selular, ISP, atau layanan internet satelit.


Intranet

Jaringan intranet (intra-Network) adalah jaringan komputer lokal. Artinya, jaringan komputer ini tidak terhubungan ke jaringan internet / jaringan global. Jaringan intranet tidak akan bisa mengakses youtube.com, google.com, dan semua fasilitas / layanan yang ada di internet / negara lain. Untuk membuat untranet, kita hanya membutuhkan kabel jaringan atau sebuah access point (untuk jaringan komputer tanpa kabel / nirkabel).


Kesimpulan

Jadi, perbedaan antara internet dan intranet terletak pada cakupan jaringan komputer. Internet merupakan jaringan komputer seluruh dunia, sedangkan intranet merupakan jaringan komputer lokal yang tidak berhubungan langsung dengan jaringan internet.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer